Monday, July 25, 2011

Samudra Hindia

 (pemandangan samudra Hindia)


Samudra Hindia, Samudra Indonesia atau Samudra India adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh Asia Selatan; di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika; di timur oleh Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia; di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara yaitu India.

(laut merah, salah satu laut di samudra Hindia)

Samudra Hindia memiliki luas 68.556 juta km² dan panjang garis pantai 66.526 km. Laut di samudra ini meliputi Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengal, Great Australian Bight, Teluk Aden, Teluk Oman, Saluran Mozambique, Teluk Persia, Laut Merah, Selat Malaka, dan sebagainya. Titik terdalam samudra ini adalah 7.258 m di bawah permukaan laut tepatnya di Palung Jawa, Indonesia.

(Pelabuhan Jakarta, Indonesia)

 Samudra Hindia memiliki beberapa pelabuhan terkenal seperti Calcutta (India), Chennai (Madras; India), Colombo (Sri Lanka), Durban (Afrika Selatan), Jakarta (Indonesia), Karachi (Pakistan), Fremantle (Australia), Mumbai (Bombay; India), Teluk Richards (Afrika Selatan).

No comments:

Post a Comment

ShareThis

Google Search Engine